Sunday, April 3, 2011

Virtual Choir : Paduan Suara YouTube

Selain Justin Bieber, Susan Boyle, Greyson Chance sensasi apa lagi yang bakal dilahirkan oleh web yang bernama "YouTube" ini?
.
Musik Pop tidak asing lagi dalam dunia YouTube. Sudah banyak musisi popular menghiasi dan melanglang buana di web sosial media ini. Namun bakal lain cerita kalau musik klasik turut memanfaatkan kecanggihan YouTube dalam membuat terobosan baru. 

Yes, perkenalkan Virtual Choir!

Satu kata "Takjub".

Virtual Choir adalah paduan suara yang para anggotanya ditemukan di dalam dunia maya. Mereka menyanyikan sebuah lagu yang sudah ditentukan sesuai dengan jenis suara, merekamnya, lalu meng-upload-nya di YouTube. Sang konduktor sendiri memberikan arahan dan memimpin paduan suara tersebut via YouTube. Setelah itu dikombinasikan menjadi satu kesatuan.

Perkenalkan pioner proyek ini: Eric Whitacre. Eric adalah seorang komposer dan dirigen muda yang berada di belakang proyek ini. Terinspirasi oleh acara "Lollipop" di MTV, Eric ingin membuat suatu terobosan baru dalam berpaduan suara. Munculah ide "Virtual Choir".

Virtual Choir yang pertama menampilkan 158 "anggota paduan suara" terbagi atas 8 jenis suara dari 12 negara menyanyikan lagu 'Lux Aurumque' (Light & Gold) gubahan Eric Whitacre sendiri. Tak disangka, video ini sudah memiliki 1,9 juta hit (view) di YouTube.

Mengingat besarnya antusiasme di Virtual Choir pertama, Eric pun ingin melanjutkan kesuksesan terobosan baru ini, dengan membuat Virtual Choir 2.0. Ingin berpartisipasi? sayang sekali karena batas pengumpulan videonya sudah ditutup beberapa bulan lalu. Di Virtual Choir 2.0 ini, para "anggota paduan suara" membawakan lagu 'Sleep', masih hasil karya Eric sendiri. Virtual Choir 2.0 sendiri akan ditayangkan perdana di New York tanggal 7 April mendatang dan dapat disaksikan juga via live stream. So, mark your calender please! :)


related videos:

Eric Whitacre bicara tentang Virtual Choir
Eric pada saat memimpin "Virtual Choir" via YouTube
Cuplikan lagu 'Sleep' yang akan dinyanyikan di Virtual Choir 2.0 Dalam video ini, dibawakan oleh paduan suara Polyphony.


*Sekarang Eric sedang merampungkan karyanya untuk latar belakang musik di film "Pirates of the Caribbien : On Stranger Tide" Hasil kolaborasinya bersama Hans Zimmer.

connect with Eric Whitacre
via twitter
via Facebook
www.ericwhitacre.com

No comments:

Post a Comment