Nyanyi dalam satu paduan suara dalam format SATB? sudah biasa.. Tapi bagaimana kalau dalam satu kelompok paduan suara itu terdiri dari 40 orang yang harus menyanyikan 40 bagian yang berbeda-beda untuk satu lagu. Penjelasan sederhananya: kita seperti mendengar satu lagu yang dinyanyikan 40 solois. Massive right??
Inilah yang dilakukan oleh kelompok paduan suara Inggris I Fagiolini yang direkam dalam album Allesandro Striggio - Mass in 40 Parts . Di bawah arahan sang director, Robert Hollingworth, mereka menyanyikan lagu-lagu misa untuk "40 suara" karya Alessandro Striggio yang digubahnya pada tahun 1560-an. Karyanya termasuk salah satu peninggalan abad Renaissance. Yang menariknya, karya ini sempat "hilang" selama beberapa 450 tahun, sebelum akhirnya ditemukan di Perancis oleh seorang musicologist Inggris.
Untuk menambahkan nuansa Renaissance, Hollingworth mengikutsertakan alat-alat musik zaman Rennaisance, seperti viols, brass, lutes untuk mengiringi I Fagiolini bernyanyi.
Masuk pop-chart
Hal yang gak disangka adalah semenjak dirilis Februari lalu, album bertemakan sacred-choral ini ternyata menembus tangga lagu pop di Inggris. Seperti yang diliput oleh Reuters, adalah sebuah hal yang jarang ditemui bagi album sakral untuk bersaing bersama Eminem, Rihanna atau Bon Jovi di tangga lagu pop (kecuali untuk album yang beraliran crossover). Well, berikut ini beberapa tanggapan media lainnya tentang album ini:
'Subtle and moving' - The Observer
'a powerfully affecting landscape' - The Independent
'Enough to test anyone's hi-fi equipment' - The Times
'40 voices hitting you beautifully left and right' - The Times
'Beautifully performed by I Fagiolini with soloists and countless continuo parts, the polychoral effects are striking ... a masterpiece.' - The Guardian
'Its impact in this premiere recording by the voices and period instruments of I Fagiolini under Robert Hollingworth is terrific ... Tallis, in a healthy show of one-upmanship, devised much trickier part-writing for Spem in alium, as anyone who has sung it will know, but the two works complement one another perfectly. ' - The Daily Telegraph
'a powerfully affecting landscape' - The Independent
'Enough to test anyone's hi-fi equipment' - The Times
'40 voices hitting you beautifully left and right' - The Times
'Beautifully performed by I Fagiolini with soloists and countless continuo parts, the polychoral effects are striking ... a masterpiece.' - The Guardian
'Its impact in this premiere recording by the voices and period instruments of I Fagiolini under Robert Hollingworth is terrific ... Tallis, in a healthy show of one-upmanship, devised much trickier part-writing for Spem in alium, as anyone who has sung it will know, but the two works complement one another perfectly. ' - The Daily Telegraph
Rilis di Indonesia?
Selama berkililing di beberapa toko CD (di mal yang berbeda), saya sih belum pernah melihat album ini dipajang di rak mereka (baik import maupun rilisan Indonesia). Well, semoga saja Universal Music, khususnya UM Indonesia, mau berbaik hati merilisnya di sini. Kalau malas menuggu bisa langsung order online di Amazon, iTunes atau HMV UK
Album ini dibawah label Decca Classics (Universal Music)
Track Listing | ||||
1 | Ecce beatam lucem (1561?/1568) | |||
Missa sopra Ecco sì beato giorno (by 1566) | ||||
2 | Kyrie | |||
3 | Gloria | |||
4 | Credo | |||
5 | Sanctus | |||
6 | Benedictus | |||
7 | Agnus Dei I | |||
8 | Agnus Dei II | |||
9 | Vincenzo Galilei – Contrapunto Secondo di BM (1584) | |||
Alessandro Striggio | ||||
10 | Fuggi, spene mia (1565) | |||
11 | O giovenil ardire (1568) | |||
12 | Altr’io che queste spighe (1570) | |||
13 | D’ogni gratia et d’amor (1567?/1571) | |||
14 | O de la bella Etruria (1560) | |||
15 | Caro dolce ben mio (1560) | |||
16 | Misero ohimè (1560) | |||
17 | Sarum plainchant – Spem in alium | |||
18 | Thomas Tallis – Spem in alium (1567-71) |
No comments:
Post a Comment